Mengenal 5 Ultras Terbaik di Asia 2019 - Seven Foresight
News Update
Loading...

17 September 2019

Mengenal 5 Ultras Terbaik di Asia 2019

Beberapa waktu yang lalu, sekitar awal tahun 2017 tepatnya bulan Februari, sebuah Media Asing yaitu COPA90, media asing yang memberitakan tentang hiburan dan informasi tentang sepak bola seluruh dunia dan tentang budaya penggemar dalam merayakan sepak bola di seluruh dunia.

COPA90 merilis sebuah video melalui channel youtubenya dengan judul Top 5 Incredible Asian Ultras, atau bisa dikatakan sebagai 5 Ultras terbaik di benua Asia.


Sebelum itu mari kita mengenal tentang ultras terlebih dahulu. Pasti kata ultras tidak asing lagi di telinga kalian pada era sepak bola modern seperti ini. Ya betul, era sekarang semakin banyak berbagai Ultras muncul di seluruh penjuru dunia. Lalu apa sebenarnya Ultras tersebut?

Ultras diambil dari bahasa latin yang memliki arti di luar kebiasaan. Ultras tidak pernah berhenti menyanyikan yel-yel untuk memberi semangat kepada tim kebanggaannya saat pertandingan berlangsung. Mereka juga rela berdiri sepanjang pertandingan berlangsung. Mereka juga kerap menyalakan kembang api ataupun flare dan bomb smoke. Dan Ultras selalu membuat kreatifitas dalam mendukung klub kebanggaannya.

Lalu siapa saja Ultras terbaik di benua Asia? Berikut adalah daftar 5 Ultras terbaik di Asia versi COPA90.

5. Urawa Boys


Ultras yang berasal dari Urawa, Jepang ini adalah salah satu Ultras tertua di Asia. Urawa Boys terbentuk tahun 1997 (Wiiih kayak tahun lahir mimin nih hehehe). Urawa Boys biasanya berada di Curva Nord Stadion Saitama 2002 yang memiliki kapasitas 63.700. Urawa Boys merupakan Ultras dari Urawa Reds atau nama lengkapnya Urawa Red Diamonds, klub J1 League. 

Klub yang pernah menjuarai Liga Champions AFC tahun 2007 dan menjadi juara ke-3 Piala Dunia Antar Klub tahun 2007. Urawa Boys selalu memberikan dukungan semangat untuk klub kebanggaannya dan membuat koreografi yang sangat keren, bahkan mereka sudah membuat koreografi kertas yang epik jauh sebelum Brigata Curva Sud lahir.

4. Frente Tricolor


Ultras ini juga tergolong cukup tua juga, terbentuk tahun 1995 dengan nama GRAND BLEU, yang memiliki motto "The First dan The Best" dan "Our Path Becomes the True Path". Frente Tricolor atau Grand Bleu biasanya mendukung klub kebanggaannya menggunakan flare, bomb asap, bendera, dan koreografi.

Frente Tricolor merupakan Ultras dari klub Suwon Samsung Bluewings, dari Korea Selatan, dengan Stadion Suwon World Cup yang berkapasiitas 43,959. Suwon Samsung pernah menjuarai beberapa kali K-League dan 2 kali AFC Champions League.

3. Boys Of Straits


Ultras ini didirikan tahun Januari 2010 dengan nama Soutern Troop Ultras. Konon katanya kelompok Ultras ini terdiri dari 5 orang saja, pada tahun 2012 mereka mengganti nama dari Soutern Troop Ultras menjadi Boys Of Straits, dan pada saat itu anggota kelompok ini semakin banyak.

Boys Of Straits atau biasa disebut BOS Johor merupakan Ultras dari Johor, Malaysia, yang merupakan kelompok suporter pendukung klub kaya raya asal Malaysia, yaitu Johor Darul Takzim. Klub dengan Stadion Larkin atau Stadion Tan Sri Dato' Haji Hassan Yunos dengan kapasitas 32,600. JDT merupakan klub yang tergolong sukses dengan 3 gelar juara Liga Malaysia secara berturut-turut dari tahun 2014, 2015, 2016.

2. Bengal Brigade


Bengal Brigade atau lebih dikenal dengan nama East Bengal Ultras, merupakan ultras dari klub yang berbasis di Kolkata, Benggala Barat, India, yaitu East Bengal FC yang berlaga di Liga India atau i-League.

East Bengal ultras juga selalu memberikan nyanyian untuk menyemangati klub kebanggaannya 90 menit tanpa henti, mereka juga menggunakan flare, smoke bomb, koreografi dalam mendukung klubnya.

1. Brigata Curva Sud


Brigata Curva Sud terbentuk tanggal 5 Febuari 2011 melalui perkumpulan para suporter Ultras PSS Sleman 1976 yang memiliki visi dan misi yang sama. Brigata Curva Sud atau biasa disebut BCSxPSS merupakan ultras dari PSS Sleman yang sejatinya adalah klub divisi kedua Liga Indonesia, yang memiliki markas yaitu Stadion Maguwoharjo.

BCS memiliki manifesto antara lain No Ticket No Game, Mandiri Menghidupi, No Politica, Still Solo, Awaydays, No Leader Just Together, Sebatas Pagar Tribun, Ora Muntir.

BCS kerap menyanyikan secara lantang nyanyian untuk menyemangati klub kebanggaannya setiap berlaga, dan berkreasi menggunakan pyro, bom asap, dan yang paling identik adalah koreo-koreo yang rumit yang bisa dihasilkan lewat koordinasi panjang.

Baik tadi merupakan ultras-ultras terbaik di Asia versi COPA90 yang sudah meneliti dari berbagai aspek sampai terbentuk dari nomor ke-5 Urawa Boys sampai yang pertama yaitu Brigata Curva Sud. Kita patut bangga karena yang nomor 1 berasal dari Indonesia, yang membawa nama Indonesia di dunia Persuporteran dunia yang mampu mengalahkan ultras dari negara-negara Asia lainnya.   

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Blog yang membagikan tentang apapun yang berkaitan dengan Sepak Bola..
Done